330 Siswa SMK Negeri 4 Klaten Diwisuda

330 Siswa SMK Negeri 4 Klaten Diwisuda

KabarKlaten.com – Sebanyak 330 siswa Kelas XII SMK Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 diwisuda dan dilepas oleh sekolah pada Selasa (9/5/2017).

Mereka yang diwisuda dan dilepas itu terdiri dari kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 63 siswa, Akuntansi (AK) 100 siswa, Administrasi Perkantoran (AP) 101 siswa, dan Pemasaran (PM) 66 siswa.

Kepala SMK Negeri 4 Klaten M Woro Nugroho menyampaikan, pihaknya bersyukur atas prestasi yang telah dicapai sekolah sampai saat ini. Pada kelulusan tahun ini, siswanya lulus 100 persen.

SMK Negeri 4 Klaten menempati peringkat ke 4 untuk sekolah negeri dan peringkat ke 5 untuk sekolah negeri dan swasta se Kabupaten Klaten. SMK Negeri 4 Klaten juga menempati peringkat ke 89 untuk sekolah negeri dan peringkat ke 160 sekolah negeri dan swasta se Provinsi Jawa Tengah.

“Saya berharap, para wisudawan dan wisudawati segera mendapatkan pekerjaan seperti yang mereka harapkan. Sedang bagi anak-anak yang ingin menempuh pendidikan ke perguruan tinggi, saya berdoa, semoga mereka memperoleh sekolah yang baik dan berkualitas sesuai yang mereka inginkan,” katanya.

M Woro Nugroho menyatakan, setelah kelulusan, sekitar 80 persen wisudawan-wisudawati biasanya langsung mendapat pekerjaan. Dan sekolah siap membantu menyalurkan para lulusan itu ke perusahaan atau pengguna jasa tenaga kerja. “Karena selama ini kami sudah bermitra dan menjalin kerjasama dengan mereka,” ujarnya.

Woro mengatakan, ke depan, pihaknya akan berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi sekolahnya. “Semua pendukungnya sudah ada. Seperti tenaga guru, sarana prasarana, dan sebagainya. Maka, sekarang lebih tergantung pada niat kita. Kita mau maju atau tidak,” ucapnya.

Acara wisuda dan pelepasan siswa Kelas XII SMK Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2016/2017 ini berlangsung meriah. Satu per satu, para wisudawan-wisudawati naik ke panggung untuk menerima kalungan samir dan Surat Keterangan Tanda Kelulusan dari guru kompetensi keahlian yang telah ditunjuk. Wajah sumringah dan senyuman mengembang terlihat jelas pada diri wisudawan-wisudawati itu.

Usai pengalungan samir, ada hiburan Tari Sekapur Sirih, pengucapan ikrar Prasetya Alumni SMKN 4 Klaten, sambutan dari wakil wisudawan-wisudawati, penampilan paduan suara SMKN 4 Klaten, pembacaan puisi terima kasih, dan diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu Sayonara. (L Sukamta)